Listrik dari alam

Melihat keadaan alam yang semakin hari semakin kritis, tentunya membuat pola manusia berubah juga. Adanya bencana dan kekurangan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui memaksa kita harus menemukan Energi baru yang efisen dan tidak membahayakan mahluk hidup.Bila kita memilih tenaga Nuklir, mungkin itu pilihan yang kurang baik, selain memerlukan tenaga yang ahli diperlukan juga dana yang besar, dan tentunya limbahnya mau dibuang kemana ?. Alam telah memberi kita sumber kehidupan yang luar biasa tapi kita tidak memanfaatkanya karena keterbatasan Ilmu dan dana, dan selalu ditutup-tutupi, mungkin takut tidak kembali modal (Pengusaha Minyak,Batu Bara dan lain-lain). Sebenarnya sumber alam yang tadi selain tidak bisa diperbaharui bisa membuat alam ini semakin kritis, seharunyalah kita memanfaatkan Energi yang ramah lingkuangan. Memang agak mahal tapi demi keputusan lebih baik dan untuk masa depan Dunia juga mungkin itu jalan yang tepat.

Dalam kehidupan yang serba modernan ini kita tidak luput dari kebutuhan Listrik karena hampir semua manusia memerlukannya. Disini aku akan mencoba memberikan anjuran yang mungkin oleh sebagian orang sudah tahu, tapi tidak salahkan mau mengulang kembali biar makin tahu :)

Alam telah memberikan kehidupan sebelum manusia ada, Panasnya Matahari, Angin, Uap Bumi, dan Air. Semua dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan kita dan tentunya pilihan yang luar biasa bila kita menerapkannya.
solar cell
Sumber Alam yang dapat kita manfaatkan :

Matahari
Sebelum kita manusia tercipta Matahari sudah ada sejak jutaan tahun yang dulu, panasnya memberikan kita sumber kehidupan, tumbuhan-tumbuhan dan berbagai hewan juga memerlukan terpaan sinar matahari. Dari proses potosintesis sampai ngeringin pakaian. Pemanfaatan matahari sebagai sumber Listrik diperlukan Panel Tenaga Surya ( Solar Sel). Pengubahan sinar Matahari menjadi Listrik disebut juga dengan efek photovoltaic, daya listrik yang didapat adalah arus listrik DC, Untuk keperluaan Rumah diperlukan arus AC sehingga diperlukan Inverter, dan batrei Untuk menyimpan daya Listrik bila sinar matahari tidak memberikan panasnya pada panel tenga surya atau pada saat malam masih bisa digunakan karena ada arus listrik yang disimpan. Tidak hanya itu, karena peralatan Listrik sekarang memerlukan kestabilan arus listrik, diperlukan juga alat Kontrol arus listrik ( Stabilizer ).
Batrei

Inverter DC to AC


controller balance











Tidak diperlukan seorang yang ahli dalam pemasangan Panel Tenaga Surya, cukup mencari dan meletakan dimana Matahari bersinar adalah posisi yang pas dalam meletakan Tenaga surya, dalam peletakan batrei dan alat Inverter diperlukan tempat yang aman, jauh dari air dan jauh dari tangan anak kecil tentunya hehehe. Dengan cara Pengunaan yang wajar sudah cukup dalam nge-charger laptop atau pun PC yang menggunakan Layar LCD atau LED.
Baling-baling tenaga Angin

Angin
Di Indonesia termasuk wilayah yang tropis tentunya berpotensi juga dalam pemanfaatan tenaga angin, apalagi yang tinggal ditepi pantai atau diatas bukit. Bila kita mau berpikir tentang hemat tentunya Pilihan tenaga Listrik yang menggunakan Tenaga Angin ada jalan yang bagus.

Sama hal dengan tenaga surya, Tenaga angin yang dimanfaatkan melalui Generator melalui pemutaran Turbin atau baling-baling tetap menggunakan batrei untuk media penyimpan tenaga Listrik
Bagian-bagian Generator pada alat Tenaga Angin
Controller Balance + Inverter Energi Listrik



Air
Selain untuk kebutuhan air minum atau keperluan yang lain, air bisa dimanafaatkan sebagai alat pemutar Turbin Generator, Tapi hal ini harus didukung dengan kemampuan arus air yang kuat...Bila Volume air yang berkurang tentunya ini menghambat ketersedian Listrik, selain diperlukan arus air, cendrung dalam instalasi nya cukup mahal. Sama hal dengan tenaga angin, tenaga air juga diperlukan turbin dan generator...istilah kecilnya ( Energi gerak menjadi energi listrik) yang membuat biaya mahal dalam perancangan tempat dimana letak generator tersebut...
 Pembangkit listrik sekala kecil yang bisa dipasang dialiran sungai yang arus air tidak terlalu kuat, tapi hal ini sudah cukup menompang kebutuhan satu rumah.
 Dalam sekala tenaga air yang besar, ada disebagian Negara maupun di Indonesia membuat bendungan utnuk menciptkan kemampuan memutar turbin yang menghasilakn listrik mega'an watt...dan tentunya dana untuk konsep dan rancangannya sangat mahal dan selalu dicek setiap saat, karena bila volume air meningkat bendung bisa pecah, Justru bahaya yang mengacam.
Rancangan Bendungan dan tenaga listrik air

Sudah saatnyalah kita beralih ketenaga yang Ramah Lingkungan, agar anak cucu kita bisa menikmati apa yang kita tinggalkan, telah banyak alam ini rusak karena pencemaran, telah banyak pola bumi ini berubah karena bumi ini semakin hari semakin berongga karena penambangan. Jangan karena kekayaan kita melupakan untuk kepentingan bersama. Saya pun sebagai orang yang tidak mengerti dengan Fisika bisa memikirkan sumber daya alam yang ramah, karena selain air dimanfaatkan untuk memutar turbin air juga mengandung hidrogen yang bisa menghasilakan Gas yang tidak kalah dengan Gas tambang...karena air ( H2O) bila dijabarin dalam bahasa kimia didalam air terdapat Hidrogen...itu kalau gak salah sih heheheh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar